Senin, 19 Oktober 2009

ILMU KOMUNIKASI

Ilmu komunikasi ialah suatu ilmu yang mempelajari cara penyampaian pesan yang efektif dari pemberi pesan kepada penerima pesan dengan memperhatikan noise dan mempertimbangkan efek maupun timbal balik dari si penerima pesan.

Komunikasi merupakan hal yang penting bagi semua orang karena semua orang harus berkomunikasi. Hal ini secara langsung juga menyebabkan ilmu komunikasi merupakan hal penting yang juga harus kita perhatikan.

Bagaimana bila kita tidak berkomunikasi?

Prof Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. dalam bukunya “Ilmu Komunikasi” mengatakan:

“Orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan manusia bias dipastikan akan “tersesat”, karena ia tidak sempat menata dirinya dalam suatu lingkungan sosial. Komunikasilah yang memungkinkan individu membangun suatu kerangka rujukan dan menggunakannya sebagai panduan untuk menafsirkann situasi apa pun yang ia hadapi. Komunikasi pula yang memungkinkannya mempelajari dan menerapkan strategi-strategi adaktif untuk menghadapi situasi-situasi problematic yang ia masukki. Tanpa melibatkan diri dalam komunikasi, seseorang tidak akan tahu bagaimana makan, minum, berbicara sebagai manusia dan memperlakukan manusia lain secara beradab, karena cara-cara perilaku tersebut harus dipelajari lewat pengasuhan keluarga dan pergaulan dengan orang lain yang intinya adalah komunikasi.”

Dengan uraian diatas, dapatlah kita pahami bahwa komunikasi merupakan suatu kebutuhan pokok manusia selain pangan, sandang dan papan.

Fungsi komunikasi:

1. Komunikasi Sosial

Fungsi komunikasi sebagai komunikasi social setidaknya pengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagianan, tehindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi.

2. Komunikasi Ekspresif

Komunikasi ekspresif tidak otomatis bertujuan mempengaruhi orang lain, namun dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebut menjadi instrument untuk menyampaikan perasaan-perasaan kita.

3. Komunikasi Ritual

Suatu komunitas sering melakukan upacara-upacara sepanjang hidup yang disebut komunikasi ritual. Mereka yang berpartisipasi dalam bentuk komunikasi ritual tersebut menegaskan kembali komitmen mereka kepada tradisi keluarga, komunitas, suku,bangsa, Negara, ideology atau agama mereka.

4. Komunikasi Instrumental

Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum:

Menginformasikan

Mengajar

Mendorong

Mengubah sikap dan keyakinan

Mengubah perilaku atau mengerakkan individu

menghibur

3 komentar: